MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

KPU Ubah Kursi DPR Dapil Sulsel

55088_gedung_dpr_mpr_thumb_300_225
Gedung DPR-MPR (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

Kamis, 17 September 2009, 22:43 WIB
Arinto Tri Wibowo, Purborini

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengubah komposisi kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk daerah pemilihan Sulawesi Selatan I.

Kursi calon legislator dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Dewie Yasin Limpo beralih ke calon anggota dewan dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Mestariyani Habie.

Menurut Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, perubahan kursi tersebut setelah ada penjelasan dari putusan Mahkamah Konstitusi bahwa surat MK tanggal 14 Agustus 2009 itu palsu.

"Maka, KPU melakukan penghitungan lagi berdasarkan surat MK tanggal 17, yang kursinya lalu diberikan kepada anggota dewan dari Gerindra, Mestariyani Habie," kata dia di kantornya, Jakarta 17 September 2009.

Surat MK tertanggal 17 Agustus 2009 menyatakan perubahan perolehan suara di Kabupaten Gowa, Takalar, dan Jenopontho, sudah termasuk suara semula.

"Namun, pada surat MK 14 Agustus yang dinyatakan palsu, suara yang diputuskan MK ditambahkan dengan suara semula, sehingga perolehan suara Hanura membengkak," kata Hafiz.

KPU juga menetapkan empat caleg bermasalah. Empat caleg Gerindra Suwarjono diganti Sadar Subagyo dari dapil sama Jawa Tengah VIII.

Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Eri Purnomohadi dari dapil Jawa Barat XI diganti oleh Rudy Sukendra Sindapati. Sementara itu, dua caleg lainnya dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Daeng Sere dapil Sulawesi Selatan I dan Mochammad Mahfud dapil Jawa Timur XI tetap.

KPU juga menetapkan 10 caleg terpilih dapil Papua kembali ke semula yakni Keputusan KPU No 259/Kpts/2009, bukan pleno 21 Agustus. Kecuali Fredy Numberi yang diganti Minton Pakpahan.
Mereka adalah dari Partai Hanura M Ali Kastella, H Jamaluddin Jaffar (PAN). Peggry Patrisia Paktivi dan Paskalis Kossay dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Sementara itu dari Partai Golkar, Yoris Raweyai dan Agustina Basik Basik, Manuel Kaisiepo (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), serta Partai Demokrat, Etha Bulo dan Diaz Gwijangge serta Milton Pakpahan.


arinto.wibowo@vivanews.com


• VIVAnews


 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum