MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Pencontrengan di Flores Timur dan Lembata Lancar

Rabu, 15 April 2009
Larantuka, Kompas - Pemilu legislatif di Kabupaten Flores Timur dan Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/4), secara umum berjalan lancar dan aman. Sejumlah kendala yang dikhawatirkan menghambat pemungutan suara, seperti kekurangan surat suara, logistik tertukar, atau terlambat distribusinya, ternyata teratasi pada waktunya sehingga tidak mengganggu pelaksanaan pemilu.

Dari pengamatan Kompas, masyarakat antusias datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Jalanan pun menjadi lengang. Di sejumlah titik di wilayah Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur (Flotim), seperti TPS 01 Kelurahan Larantuka, TPS 01 Kelurahan Lokea, dan TPS 31 Kelurahan Puken Tobi Wangi (PTW) Bao, masyarakat berbondong-bondong mendatangi TPS sejak pukul 07.00.

Namun, pemungutan suara baru dimulai sekitar pukul 07.30. Bahkan, di Larantuka pemungutan suara agak terlambat karena TPS umumnya baru menerima kiriman logistik dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekitar pukul 06.00.

”Pemilihan agak terlambat karena kami harus menghitung dulu jumlah surat suara, apakah mencukupi atau tidak sesuai dengan jumlah pemilih yang ditetapkan di TPS kami,” kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara TPS 01 Kelurahan Larantuka, Non Tukan, Selasa.

Uskup Larantuka Mgr Fransiskus Kopong Kung Pr mendapat giliran pertama mencontreng di TPS 01 Kelurahan Larantuka. Ia tiba di TPS pukul 07.15, tetapi baru mencontreng pukul 07.30.

Fransiskus berharap pemilu di Flotim dan Lembata tidak terjadi kecurangan dan jangan sampai terjadi gejolak, seperti di daerah lain. Hal itu akan merugikan banyak pihak.

Ia juga mengaku agak kesulitan dalam mencontreng karena begitu banyak calon anggota legislatif (caleg) dan ukuran kertas surat suara yang terlalu besar. Untuk itu, ia membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menentukan pilihannya.

Ny Ata Mukin, warga Lokea, mengungkapkan, ia sempat keliru memasukkan surat suara ke kotaknya karena tidak ada tanda warna pada kotak suara. (sem)
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum