MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

KPU Update Data Tiap Hari

flow_chart_C1-ITokJakarta, mediacenter.kpu.go.id—Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan terus meng-up date data perolehan suara di Pusat Tabulasi Pemilu Nasional, Hotel Borobudur, Jakarta. Selain itu, KPU juga akan menyampaikan informasi terkini seputar penyelenggaraan pemilu.

Anggota KPU Sri Nuryanti menyampaikan, KPU akan menyampaikan perkembangan informasi perolehan suara setiap hari. “Up date data perolehan suara dan informasi terkini akan diberikan setiap hari sekitar pukul 15.00,” ujar Sri di Hotel Borobudur, Jakarta (12/4)

Menurut Sri, tujuan penanyangan data melalui Pusat Tabulasi Pemilu Nasional untuk memberikan informasi yang akurat, cepat, dan transparan. “Hari ini kami akan memberikan penjelasan mengenai sistem informasi Tabulasi Nasional KPU,” ujar Sri. Rencananya, pada sore ini, anggota KPU bersama  Husni Fahmi, Ketua Tim Teknologi Informasi KPU akan memberikan penjelasan sitem teknologi Tabulasi Nasional.

Berdasarkan Standar Operate Procedure proses data entry, proses data entry (pengisian data) hasil pemilihan umum di tingkat TPS (form C1-IT) dikirimkan ke KPU Kabupaten/Kota melalui PPS. Selanjutnya, dari KPU Kabupaten/Kota ke Pusat Data KPU yang merupakan ujung tombak berfungsinya sistem informasi tabulasi nasional secara cepat, akurat, dan transparan.

Agar sistem informasi tabulasi nasional tersebut berjalan baik, maka perlu kerjasama antara KPU Kabupaten/Kota yang berperan sebagai penyedia dan pengirim data dengan KPU yang berperan sebagai penerima, pengolah, dan penayangan hasil tabulasi nasional.

Alur proses pengiriman form C1-IT dari KPUD Kabupaten/Kota ke KPU ditampilkan pada gambar di atas. Secara umum, alur proses pada KPU kabupaten/kota dimulai dari pemindaian (scanning) form C1-IT sampai dengan pengiriman file elektronik ke KPU lewat jaringan VPN (Virtual Private Network). Selanjutnya, oleh sistem integrasi KPU diterima, diolah, dan ditayangkan ke publik.***
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum