MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Indomorvosa: Pemilu-nya Anak Muda

Jakarta, mediacenter.kpu.go.id—Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerjasama dengan United Nations Development Programme (UNDP) melalui Elections MDP menyelenggarakan Indomorvos, sebuah ajang strategi pendidikan demokrasi untuk anak muda dan pemilih muda.

Acara yang akan digelar pada Minggu (29/03/09) di Lapangan Parkir Kolam Renang, Gelora Bung Karno-Senayan tersebut ditujukan untuk memberikan forum kepada pemilih pemula. Acara ini untuk menyuarakan aspirasi serta harapan mereka bagi Indonesia.

Dalam konferensi pers yang dihadiri oleh Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary dan Sector Manager-Political Participation Election MDP Deddy Sitorus di Media Center KPU, Jakarta (27/03/09). Ajang ini akan dihadiri oleh 3.000 pemilih pemula yang meliputi pelajar SMU dan mahasiswa tingkat awal.

Hafiz mengatakan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang diharapkan dapat meningkatkan minat pemilih pemula untuk bersama-sama menggunakan hak pilihnya. “Kami berharap ini akan menjadi kegiatan yang sangat menarik bagi anak muda, terutama di Jakarta.  Apalagi, jika angka 3.000 tersebut tercapai maka akan menjadi rekor Muri untuk kategori nyontreng dengan peserta terbanyak,” kata Hafiz.

Selanjutnya, Deddy menjelaskan bahwa acara ini akan menarik minat kaum muda dengan menggelar berbagai kompetisi antarsekolah dan kampus se-Jabodetabek melalui lomba-lomba dalam kategori art, sport, dan science.

Peserta dapat berkenalan dengan seluruh partai politik peserta pemilu melalui pameran parpol yang berisi 38 partai peserta pemilu 2009. Pameran ini hanya bersifat informatif dan bukan kampanye terbuka. “Dengan pameran ini diharapkan pemilih pemula dapat mengetahui lebih banyak tentang parpol dan memilih dengan cerdas pada 9 April 2009,” tambah Deddy.

Setiap sekolah juga wajib membuat program dan nama partai untuk sekolah masing-masing, sehingga simulasi pemilu antar mereka dapat dilakukan. Simulasi ini juga termasuk kampanye dengan partai yang mereka buat sendiri, yang kemudian akan dipilih oleh peserta yang hadir. Para pemenang ditentukan dengan suara terbanyak seperti tata cara yang digunakan dalam pemilu 2009.

Selain games dan simulasi, peserta juga akan dihibur dengan pertunjukkan dari band-band ibukota, yaitu Hello, Twenty First Night, Efek Rumah Kaca, Souljah, I Hate Mondays, dan Quepancong.*****


 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum