MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Ketua KPU Lantik 4 Anggota KPU Provinsi

Jakarta, kpu.go.id- Berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Nomor: 88-91/Kpts/KPU/Tahun 2012, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, Rabu (9/5) mengambil sumpah 4 (empat) orang anggota KPU provinsi,  melalui mekanisme Pengganti Antar Waktu (PAW).

Empat orang yang diambil sumpahnya adalah, Suhartono, S.IP., MPP (Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta); Iin Endah, S.IP (Anggota KPU Provinsi Jawa Barat); Teguh Purnomo, SH, M.Hum (Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah); dan Drs. Miftachul Alfin, MSHRM (Anggota KPU Provinsi D.I. Yogyakarta).

Dalam sambutannya, Ketua KPU mengemukakan, PAW dimaksudkan untuk mengisi kekosongan salah satu Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah periode 2008-2013, karena telah diangkat sebagai Anggota KPU periode 2012-2017. Sementara pengisian Anggota KPU Provinsi DIY karena salah satu anggotanya telah diangkat sebagai Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2012-2017.

Suhartono menggantikan Juri Ardiantoro, S.Pd, M.Si; Iin menggantikan Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP, M.SI; Teguh menggantikan Ida Budhiati, SH, MH; dan Miftachul menggantikan Nasrullah, SH.

Juri Ardiantoro, Ferry Kurnia, dan Ida Budhiati adalah anggota KPU RI terpilih periode 2012-2017. Sedangkan Nasrullah merupakan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode yang sama.

“Dalam ketentuan Ayat (5) huruf b Pasal 27 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, PAW dilakukan dengan ketentuan anggota KPU provinsi digantikan oleh calon anggota KPU provinsi urutan peringkat berikutnya dari hasil pemilihan yang dilakukan oleh KPU,” urai Husni Kamil Manik.

Husni juga menekankan agar anggota KPU yang baru dilantik dapat menjalankan tugas bahu-membahu dengan anggota KPU yang lain, selalu berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan dan kode etik Pemilu, serta menjaga kemandirian institusi.

“Kepada KPU Provinsi DKI Jakarta yang sedang menyelenggarakan tahapan Pemilihan Gubernur, strategi peningkatan kualitas penyelenggaraan dititikberatkan pada 3 (tiga) aspek, yakni pembelajaran politik kepada rakyat, memperkuat database pemilih, dan antisipasi hukum atau sengketa hasil Pemilu,” tandas Husni.

Terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2014, Husni mengatakan, pada tahun 2012 ini, KPU akan melaksanakan 3 (tiga) kegiatan, yaitu pemutakhiran data pemilih dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), verifikasi partai politik peserta Pemilu, serta penyusunan data/peta distribusi logistik.

“Setelah pelantikan, saya minta segera dilakukan konsolidasi internal di lingkungan KPU provinsi, pembelajaran komprehensif terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu, dan menanggapi kritik maupun saran dengan positif, wajar, hati yang dingin, dan penuh kesabaran,” pesan Husni mengakhiri pidatonya.

Selain Ketua dan seluruh Anggota KPU, hadir dalam pelantikan di Ruang Sidang Lt. II KPU itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU, Suripto Bambang Setyadi; Wakil Sekjen, Asrudi Trijono; para Kepala Biro dan Wakil Kepala Biro; serta staf di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) KPU. (dd/red)




 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum