MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

KPU Provinsi Sulsel Gelar Rapat Kerja dengan KPU Kabupaten/Kota se-Sulsel

Raker_Sulsel
Ketua KPU-RI Prof. Dr. H. A. Hafiz Anshary AZ, MA beserta Wasekjen KPU Asrudi Trijono, SH. mengikuti Raker di Sulsel (foto; hupmas)
Makasar, mediacenter.kpu.go.id-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (23/02), menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulsel menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Sulsel Tahun 2013, di Kantor KPU Provinsi Sulsel, Makasar.

Raker yang melibatkan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Sulsel tersebut dihadiri langsung oleh Ketua KPU-RI Prof. Dr. H. A. Hafiz Anshary AZ, MA beserta Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) KPU Asrudi Trijono, SH.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU beserta Wasekjen KPU didampingi Ketua KPU Provinsi Sulsel Jayadi Nas sebelum mengikuti Raker, menyempatkan diri melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah dinas Gubernur Provinsi Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Dalam pertemuan tersebut, Syahrul mengharapkan pelaksanaan Pilgub nanti berlangsung aman, damai dan jauh dari sikap-sikap anarkisme.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU mengatakan sepanjang KPU, pemerintah daerah setempat dan pihak terkait dapat berkerja sama dengan baik, maka pelaksanaan Pilgub nanti dapat sesuai yang diharapkan. “Sepanjang KPU, pemerintah setempat dan pihak terkait bisa bersinergi dengan baik, maka kekacauan Pilgub bisa dihilangkan,” jelas Hafiz.

Agenda raker KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Sulsel membahas tentang persoalan yang berkaitan dengan tahapan Pilgub. Selain itu, dalam Raker ini juga, dilakukan konsolidasi agar Pilgub Provinsi Sulsel Tahun 2013 dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Ketua KPU Hafiz Anshari dalam pidatonya pada Raker tersebut menyatakan Pilgub Provinsi Sulsel akan dijadikan barometer pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) di wilayah Indonesia Timur. “KPU Provinsi Sulsel dan jajarannya dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel dapat melaksanakannya dengan baik, hal ini disebabkan KPU Provinsi Sulsel akan dijadikan pilot project atau barometer pelaksanaan penyelenggaraan Pemilukada di wilayah Indonesia Timur,” tegas Hafiz.

Selain itu, Hafiz juga berpesan kepada para peserta Raker untuk tetap menjaga independensi, tidak melakukan manipuasi suara, melaksanakan verifikasi sesuai dengan ketentuan perudang-undangan dan tetap menjaga soliditas dan solidaritas sesama penyelenggara Pemilu.

“Saya harapkan kepada teman-teman KPU agar dapat melakukan tugas pekerjaannya secara independen dan tidak memihak kepada salah satu bakal calon, tidak melakukan manipulasi suara, melaksanakan verifikasi sesuai ketentuan dan akurasinya dapat dipertanggung jawabkan, serta senantiasa kompak, tidak terpecah belah dan menjaga soliditas maupun solidaritas sesama penyelenggara Pemilu,” harapnya.

Sementara, Wasekjen KPU Asrudi Trijono dalam kesempatan tersebut menambahkan, para penyelenggara Pemilukada saat ini harus juga lebih meningkatkan kesiap siagaannya, dikarenakan, yang pertama, tahapan pemilukada yang direncanakan dimulai bulan Juli 2012 bersamaan waktunya dengan tahapan Pemilu nasional yang dimulai pada bulan Juni 2012. Kedua, pada bulan Agustus 2012, KPU akan melakukan verifikasi parpol, dan pada bulan berikutnya akan dilakukan pendaftaran pemilih, pencalonan, penetapan daerah pemilihan, pengadaan dan pendistribusian barang dan jasa serta perhitungan suara, oleh karena itu diharapkan pekerjaan ini dapat dilakukan secara serempak.

Dijelaskan pula olehnya, pada saat ini sedang diusulkan uang tunjangan kinerja/insentif sebelum diadakan remunerasi untuk para pegawai Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota. Selain itu, juga diusulkan perpindahan atau mutasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) DPK (yang diperbantukan) menjadi pegawai organik dan sedang disiapkan tata aturan lebih lanjut.

Setelah menghadiri Raket tersebut, Ketua dan Wasekjen KPU didampingi Ketua KPU Provinsi Sulsel melakukan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Takalar. Dalam kunjungan tersebut diadakan pertemuan dengan Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Takalar; Sekretaris KPU Kabupaten Takalar; dan Kapolres Kabupaten Takalar.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Takalar melaporkan kesiapan KPU Kabupaten Takalar dalam mempersiapkan Pemilihan Bupati Kabupaten Takalar serta berbagai permasalahan yang dihadapi menyangkut masalah anggaran yang sampai saat ini masih belum disetujui DPRD Kabupaten Takalar.

Ketua KPU memberikan arahan kepada para penyelenggara Pemilukada Kabupaten Takalar agar mengantisipasi berbagai kemungkinan dalam penyelenggaraan Pemilukada sehingga sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. “Para penyelenggara Pemilukada di Kabupaten Takalar harus menjalin kerjasama yang harmonis dengan DPRD, Pemda, aparat penegak hukum dan aparat keamanan setempat sehingga tercipta suasama yang kondusif,” tegas Hafiz. (ook/red)



 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum