MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Tes Tertulis Calon Anggota KPU Periode 2012 - 2017

Tes_KPU
Tes tertulis seleksi bakal calon anggota KPU RI (foto: dod;hupmas)
Jakarta, Mediacenter.kpu.go.id-
Sebanyak 106 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengikuti tes tertulis yang diadakan oleh Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu  periode 2012 - 2017, Selasa (17/1/2012). Tes tertulis yang diadakan di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, dilakukan serentak bersama 61 calon Anggota Bawaslu lainnya.

Anggota Timsel Pratikno mengatakan, seluruh peserta calon anggota KPU yang lolos seleksi administrasi, mengikuti tes tertulis. "Keseluruhan calon yang lolos seleksi pertama hadir disini", ujar Pratikno.

Tes tertulis dimulai pada pukul 08.55 WIB yang terdiri dari 2 jenis soal, soal yang pertama berbentuk pilihan ganda (40 soal) dan soal yang kedua berbentuk essay (6 soal), dimana materi soalnya berkaitan tentang kepemiluan.

Dalam keterangannya, Anggota Timsel Prof. Ramlan Surbakti juga menegaskan, dalam tes tertulis kepemiluan khususnya mengenai 6 pertanyaan essay, Pansel menjamin terhadap objektivitas penilaiannya. “Pansel akan melibatkan 10 orang dari berbagai universitas untuk membaca dan menilai hasil essay dari peserta, sehingga hasilnya kami harapkan akan lebih objektif”, tegas Ramlan.

Mengenai pendapat, masukan, atau tanggapan tertulis dari masyarakat terkait dengan integritas, kompetensi, kepemimpinan, dan independensi para calon, Anggota Timsel Prof. Dr. Azyumardi Azra menyatakan saat ini sudah ada laporan dari masyarakat yang memberikan masukan ke Timsel, tetapi hal itu akan ditindaklanjuti setelah seleksi tahap II.

“Kita akan mengkaji laporan dari masyarakat terkait para calon ini (Anggota KPU dan Bawaslu -red) setelah dilaksanakan tes tahap II, apakah laporan tersebut hanya sekedar rumor, sentimen, atau fakta, dan akan kita bandingkan dengan verifikasi yang dapat dipertanggungjawabkan”, jelas Azyumardi yang juga menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tes kesehatan dan psikologi akan dilaksanakan tanggal 18-21 Januari 2012, untuk tes kesehatan akan dilaksanakan di RSPAD Gatot Subroto, dan tes psikologi di Hotel Millenium Sirih, Jakarta.

Tim seleksi Anggota KPU dan Bawaslu melakukan tes tertulis kepada peserta seleksi calon anggota KPU setelah dilakukan seleksi administrasi. Dari 606 orang yang mendaftar dan mengembalikan berkas administrasi, 106 nama lolos seleksi tahap I (seleksi administrasi), terdiri dari 86 laki-laki dan 20 perempuan. (ook/dod)
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum