MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

PSU Kota Pekanbaru Berjalan Lancar dan Kondusif

22.12.2012_foto_PSU_Kota_Pekanbaru_Saut
Pelaksanaan PSU Di Kota Pekanbaru, Riau (21/11). Anggota KPU, Saut H. Sirait, Tampak Sedang Berbincang Dengan Petugas Di Salah satu TPS. (foto: arf/hupmas)
Jakarta, mediacenter.kpu.go.id-
Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kota Pekanbaru akhirnya berhasil dilaksanakan dengan lancar dan kondusif oleh KPU Kota Pekanbaru, Rabu (21/12). PSU yang lebih dikenal dengan sebutan “coblos ulang” ini diselenggarakan untuk menjalankan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK). MK mengabulkan sebagian permohonan KPU Kota Pekanbaru untuk memperpanjang pelaksanaan putusan sela MK Nomor 63/PHPU.D-IX/2011.

PSU dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 523.633 pemilih ini dimulai pukul 07.00 WIB. PSU ini akan menentukan Walikota dan Wakil Walikota terpilih periode 2012-2017 yang diperebutkan oleh dua pasangan calon, yaitu Firdaus-Ayat Cahyadi dan Septina Primawati-Erizal Muluk.  Hampir seluruh kegiatan perkantoran dan bisnis di Kota Pekanbaru berhenti sejenak, karena hari pemungutan suara ulang ini hari yang diliburkan. Sehingga keramaian lebih tampak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 1.250 TPS di 12 kecamatan se-Kota Pekanbaru.

Menurut Ketua KPU Kota Pekanbaru, Tengku Rafizal AR S.Sos M.Si, dalam rangka PSU ini pihaknya telah melakukan sosialisasi yang menyeluruh ke masyarakat, dengan harapan masyarakat Kota Pekanbaru bisa menyukseskan PSU ini. “Dalam menyongsong PSU ini kami telah membuat berbagai bahan sosialisasi seperti poster dan stiker, kemudian spanduk-spanduk yang dipasang di setiap kantor kelurahan dan kecamatan, kemudian baliho besar di delapan titik strategis yang mudah dilihat masyarakat, kemudian di media elektronik kami juga sosialisasi melalui RRI jam 8, dan di Riau TV jam 7,” papar Tengku Rafizal.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota KPU-RI, Saut H. Sirait, M.Th bersama jajaran Komisioner KPU Kota Pekanbaru dan KPU Provinsi Riau melakukan monitoring dan supervisi langsung ke TPS. “Saya datang ke Pekanbaru ini untuk supervisi langsung, dalam rangka menjalankan amar putusan MK,” ujar Saut Sirait kepada wartawan media lokal yang mewawancarainya saat melakukan kunjungan di TPS.  Dalam amar putusan MK tersebut, MK meminta kepada KPU-RI, Bawaslu, dan KPU Provinsi Riau diminta untuk ikut mengawasi pelaksanaan PSU Kota Pekanbaru ini.

Pengawasan amar putusan MK ini dilaksanakan oleh Saut Sirait dengan mengunjungi beberapa TPS, sekretariat PPS, dan kantor KPU Kota Pekanbaru. “Harapan saya, PSU ini bisa berjalan lancar, saya di TPS selalu bertanya kepada saksi-saksi, saya tidak berpendapat, tetapi saya hanya menyerap dari pendapat para saksi ini, apakah ada diskriminasi, ada kecurigaan, kalau mereka bilang tidak ada masalah, ya bagus kan.” ujar Saut Sirait yang terus dikerubungi wartawan di setiap TPS yang dikunjunginya. “Hasil PSU ini akan dilaporkan ke MK, karena ini merupakan putusan sela, sehingga hakimnya nanti MK, dan MK yang akan memutuskan pasangan calon terpilih,” sambung Saut Sirait.

Anggota KPU-RI, Saut H. Sirait, M.Th juga melakukan supervisi langsung ke TPS 06 Tangkerang Utara Kecamatan Bukit Raya, dimana di TPS 06 tersebut terjadi kesalahan teknis sehingga surat suara nyasar ke TPS 09, yang masih di wilayah Tangkerang Utara Kecamatan Bukit Raya. Terkait permasalahan tersebut, Saut Sirait bersama Ketua KPU Kota Pekanbaru langsung berkoordinasi dengan Panwaslu dan saksi-saksi calon, dengan membuat berita acara, sehingga pelaksanaan pemungutan suara di TPS 06 tetap bisa dilaksanakan, meskipun dengan batas waktu yang dimundurkan 3 jam.

Hasil perolehan suara sementara berdasarkan rapat pleno di PPK di 12 kecamatan se-Kota Pekanbaru, pasangan Firdaus-Ayat Cahyadi unggul dengan perolehan suara diatas 60% suara. Namun hasil terakhir akan ditentukan dalam rapat pleno KPU Kota Pekanbaru pada tanggal 27 Desember 2011. Dalam rapat pleno tersebut akan dihadiri oleh seluruh anggota PPK, PPS, Panwaslu, KPU Provinsi Riau, KPU-RI, DPRD Kota Pekanbaru, DPRD Provinsi Riau, unsur muspida, dan pasangan calon. Selanjutnya pada tanggal 29 desember 2011, hasil rekapitulasi perolehan suara ini akan dilaporkan ke MK. (Arf)

 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum