MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Masyarakat Kampar Coblos Pemimpin Masa Depan

Jakarta, mediacenter.kpu.go.id- Masyarakat Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, senin (10/10/2011), melaksanakan pemungutan suara untuk memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar Periode 2011 - 2016 dalam Pemilukada Kabupaten Kampar 2011. Pemungutan suara yang dimulai pukul 07.00 pagi itu berlangsung secara aman, tertib, dan kondusif.

Sesuai dengan keputusan KPU Kabupaten Kampar dalam proses tahapan pencalonan, para calon bupati dan wakil bupati kampar terdiri dari 3 (tiga) pasangan calon (paslon), yaitu paslon nomor urut 1 Ir. H. Nasrun Effendi, MT - H. Tengku Muhammad Nizar, SH, M.Hum (PBB, PDK, PDP, Partai Buruh, PNUI, PKNU, PKPI, PDS, PBN, dan PMB); paslon nomor urut 2 Drs. Burhanuddin Husin, MM - Drs. H. Zulher, MS (Golkar, PPP, HANURA, GERINDRA, PDIP, PBR, dan PKB); dan paslon nomor urut 3 H. Jefry Noer - H. Ibrahim, SH (Demokrat, PAN, dan PKS).

Sebanyak 486.260 (laki-laki 249.241, perempuan 237.039) warga masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mereka menggunakan hak pilih di 1.128 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 243 desa atau kelurahan di 21 Kecamatan se-Kabupaten Kampar.

Anggota KPU Drs. Endang Sulastri, M.Si, meninjau langsung Pemilukada di Kabupaten yang terkenal sebagai Serambi Mekah Riau tersebut, didamping oleh Ketua KPU Kab. Kampar Drs. Syapril Abdullah, M.Si, dan Anggota KPU Provinsi Riau Lena Farida. Dalam tinjauannya ke beberapa TPS diantaranya TPS 24 kel. Bangkinang Kec. Bangkinang, TPS 23 dan TPS 27 (TPS lapas) Kel. Langgini Kec. Bangkinang para pemilih terlihat sangat antusias menggunakan hak pemilihnya. KPU Kabupaten Kampar juga menyediakan TPS khusus yaitu di LP Bangkinang.

Di TPS lembaga pemasyarakatan (LP) Bangkinang juga terlihat partisipasi pemilih yang cukup tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pemilih yang telah menggunakan hak suaranya sebanyak 230 dari 290 pemilih yang terdaftar dalam DPT.

Menurut Endang Sulastri, terkait dengan TPS khusus di LP Bangkinang, KPU ingin mengakomodir hak-hak politik seluruh masyarakat Kabupaten Kampar tanpa terkecuali. "Seluruh warga masyarakat Kabupaten Kampar diberikan hak politik yang sama, baik untukĀ  kelompok minoritas dan berkebutuhan khusus," ujar Endang Sulastri dalam kunjungannya ke LP Bangkinang.

Endang juga berharap seluruh proses penghitungan sampai proses rekapitulasi dapat berjalan dengan baik. "Semoga seluruh proses rekapitulasi dapat berjalan dengan tertib dan damai, dan seluruh pihak dapat menghormati hasil Pemilu ini (Pemilukada Kab. Kampar)," tambah Endang.

Rekapitulasi penghitungan suara secara manual di tingkat Kabupaten, rencananya akan dilaksanakan pada jumat (14/10/2011) atau tepatnya 3 hari setelah hari pencoblosan. (Ook/Ibud/red)
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum