MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Kirab Budaya Pemilukada Kota Yogyakarta

Foto_Kirab
Suasana Pelaksanaan Kirab Budaya Pemilukada di Kota Yogyakarta (foto; Humas KPU Kota Yogya)
Jakarta, mediacenter.kpu.go.id –
KPU Kota Yogyakarta menggelar Kirab Budaya, Kamis (09/09), di sepanjang Jalan Malioboro, yang merupakan pusat jantung kota Yogyakarta, dalam rangka menyongsong Pemilukada Kota Yogyakarta yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 September 2011. Sebagai salah satu ikon kota Yogyakarta sebagai kota budaya yang melekat dan menjadi identitas kota Yogyakarta, maka budaya juga ikut menyemarakkan pesta demokrasi di Kota Yogyakarta.


Kirab budaya ini diikuti oleh seluruh peserta Pemilukada Kota Yogyakarta, baik dari pasangan calon maupun tim sukses dan pendukungnya. Dalam kirab budaya tersebut diawali oleh rombongan duplikasi prajurit Keraton Yogyakarta dengan pasukan gajahnya, yang diikuti oleh rombongan KPU-RI, KPU Provinsi DIY, KPU Kota Yogyakarta, dan Panwaslu Kota Yogyakarta, yang semuanya menaiki andong, yang merupakan kendaraan kereta kuda khas dari Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, turut serta Komisioner KPU-RI, Sri Nuryanti, S.IP., M.A. dalam barisan andong rombongan penyelenggara pemilukada.

Kemudian rombongan pasangan calon kepala daerah menggunakan kereta kencana yang diikuti oleh tim kesenian atau budaya persembahan dari masing-masing pasangan calon. Dalam kegiatan yang diselenggarakan sekitar 3 jam tersebut, semua peserta kirab budaya tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor dan seluruh peserta wajib menggunakan kendaraan dan pakaian tradisional yang mencerminkan adat istiadat dan budaya Kota Yogyakarta.

Menurut Ketua KPU Kota Yogyakarta, Nasrullah, S.H., S.Ag.,M.CL, kegiatan kirab budaya ini diselenggarakan pertama kali di Yogyakarta, sebagai bentuk usaha untuk harmoni budaya, keramahan, dan penyeimbang tensi politik dengan tensi sosial di masyarakat Kota Yogyakarta. “Kirab budaya ini diharapkan bisa membuka kegiatan kampanye Pemilukada Kota Yogyakarta ini dengan damai dan sportif, serta pasangan calon kepala daerah dapat menyampaikan visi misinya langsung ke masyarakat,” papar Nasrullah.

Pemilukada Kota Yogyakarta ini diikuti oleh tiga pasangan calon kepala daerah, yaitu M. Zuhrif Hudaya – Aulia Reza, Hanafi Rais – Tri Harjun Ismadji, dan Haryadi Suyuti – Imam Priyono. Ketiga pasangan calon ini dijadwalkan dapat melakukan kampanye selama 14 hari, yaitu tanggal 8 – 21 September 2011. Sedangkan diakhir acara kirab budaya ini, seluruh pasangan calon melakukan deklarasi kampanye damai dan penyampaian visi misi yang dilakukan di panggung terbuka yang didirikan di kawasan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.  (Arf/red)
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum