MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Integritas Penyelenggara Pemilu Adalah Harga Diri

Jakarta, mediacenter.kpu.go.id- Demikian cuplikan berita yang dimuat dalam salah satu kolom Harian Radar Sulbar edisi Sabtu, 28 Mei 2011. Cuplikan tersebut merupakan inti dari pembekalan yang diberikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dra. Endang Sulastri, M.Si dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan pada 26-30 Mei 2011.

Anggota KPU Divisi Teknis dan Hupmas ini melakukan kunjungan ke 2 (dua) provinsi di Pulau Celebes selama 5 (lima) hari. Kunjungan ke Sulawesi Barat dilakukan dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan sosialisasi informasi Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada). Sedangkan, kunjungan ke Sulawesi Selatan dilakukan dalam rangka Rapat Koordinasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan dengan KPU kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Pada saat yang bersamaan, pada 24-26 Mei 2011 di Mamuju, KPU Provinsi Sulawesi Barat juga mengadakan Rapat Kerja Teknis dengan KPU kabupaten dalam rangka Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Tahun 2011. Agenda rapat kerja teknis ini kemudian dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Anggota PPK dan PPS di beberapa kabupaten di Sulawesi Barat.

Rapat Kerja Teknis KPU Provinsi Sulawesi Barat
Rapat kerja teknis yang berlangsung selama 3 (tiga) hari dan dihadiri oleh Anggota KPU Provinsi dan Anggota KPU Kabupaten di Sulawesi Barat ini merupakan forum konsolidasi dan komunikasi dalam rangka mempersiapkan, menyatukan persepsi, dan memperkuat kelembagaan Penyelenggara Pemilu untuk penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat.

Dalam kegiatan tersebut, KPU Provinsi Sulawesi Barat memberikan bimbingan teknis mulai dari persiapan tahapan dan jadwal penyelenggaraan, pelaksanaan pemutakhiran data pemilih, pelaksanaan pencalonan sampai pada rencana pelaksanaan sosialisasi untuk hajatan demokrasi di Sulawesi Barat yang pemungutan suaranya dijadwalkan pada 10 Oktober 2011 mendatang.

Endang Sulastri dalam pembekalannya kepada para peserta yang hadir menyampaikan banyak hal, salah satunya tentang pentingnya Penyelenggara Pemilu yang memiliki integritas dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk melibatkan peran serta masyarakat, sehingga kesuksesan Pemilukada dapat tercapai.

Rangkaian kegiatan rapat kerja teknis ini diikuti dengan penandatanganan Nota Kerjasama KPU Provinsi Sulawesi Barat dengan Harian Sulbar dalam pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Tahun 2011.

"Pelibatan peran serta masyarakat, salah satunya, dilakukan dengan melibatkan media massa seperti yang dilakukan pada siang hari ini. Pers sebagai salah satu bagian dari demokrasi, tidak hanya memiliki fungsi kontrol tetapi juga harus seimbang dengan memberikan informasi dan pendidikan (politik) bagi masyarakat", ujar Endang.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Anggota PPK dan PPS
Pelaksanaan rapat kerja teknis KPU Provinsi dan Kabupaten di Sulawesi Barat diikuti dengan pengambilan sumpah dan pelantikan Anggota PPK dan PPS di kabupaten se-Sulawesi Barat. Dalam kunjungannya, Endang Sulastri mengikuti kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan di Kabupaten Majene pada 27 Mei 2011.

Sambutan yang luar biasa didapatkan Anggota KPU Divisi Teknis dan Hupmas itu ketika menyambangi tempat kegiatan dimaksud. Diawali dengan standing applause dari Anggota PPK dan PPS yang hadir, sambutan berikutnya didapatkan ibu dua putri ini dengan pengalungan ‘lipaq saqbeq’ sebagai bentuk kehormatan karena telah berkenan hadir dalam acara tersebut dan memberikan pembekalan.

Pada kesempatan pengambilan sumpah dan pelantikan ini, Endang juga memberikan beberapa arahan untuk mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat.

"Pemilu pada prinsipnya ada di TPS. Bapak dan Ibu (Anggota PPK dan PPS-red) yang mengawal surat (suara) sampai tingkat kabupaten. Tugas ini tidak mudah. PPK dan PPS adalah ujung tombak demokrasi," ucapnya.

Endang juga menyampaikan tentang sukses penyelenggaraan Pemilu yang dilihat tidak hanya dari segi prosedural tetapi juga dari segi substansial. Kesuksesan prosedural dilihat apabila tahapan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Kesuksesan substansial dilihat apabila menghasilkan pemimpin yang aspiratif yang mampu membawa kemakmuran bagi masyarakat. Kesuksesan juga dicapai tidak hanya karena Penyelenggara Pemilunya tetapi juga didukung dengan peraturan perundang-undangan, anggaran, logistik, dan lain-lain.

Endang menyampaikan bahwa dia mendapatkan kesan yang luar biasa dalam kunjungannya di Majene. Endang juga berpesan agar KPU Kabupaten Majene melaksanakan tugas dengan penuh profesional dan tetap menjaga integritas. "Tetap semangat, Pejuang Demokrasi," pesannya.

Rapat Koordinasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan
Melanjutkan kunjungannya di Sulawesi, Endang Sulastri kemudian menghadiri dan memberikan pembekalan dalam rapat koordinasi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan yang berlangsung pada 29-31 Mei 2011 dan dihadiri oleh Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Rapat koordinasi ini selain sebagai sarana koordinasi antar-Penyelenggara Pemilu, juga merupakan sarana penguatan kelembagaan dalam persiapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2012.

Rapat yang rencananya dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo ini diisi dengan materi yang terkait dengan evaluasi penyelenggaraan Pemilukada yang telah diselenggarakan pada tahun 2010, penguatan kelembagaan menghadapi Pemilukada, peran Pemerintah Daerah dalam membangun sinergi terhadap penyelenggaraan Pemilukada dan uji publik anggaran Pemilukada tahun 2012.

Dalam pembekalannya, sekali lagi, Endang menegaskan penting dan perlunya menjaga integritas Penyelenggara Pemilu yang harus ditunjukkan tidak hanya oleh Anggota KPU tetapi juga oleh Sekretariat KPU. Terkait dengan penguatan kelembagaan, ia menyampaikan beberapa hal dalam hubungannya dengan visi, misi dan program kerja KPU yang mulai dibangun dari segi personil, sarana, dan prasarana.

Penerimaan pegawai organik yang mulai dilakukan tahun 2008 sampai saat ini dan pemberian pelatihan untuk peningkatan kapasitas diri pegawai merupakan salah satu contoh penguatan kelembagaan yang sedang dilakukan KPU. Pelaksanaan visi, misi, dan program kerja KPU dapat terwujud apabila ada kerjasama yang baik dari Anggota KPU dan unsur Sekretariat KPU. (ctr/red)





 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum