MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

KPU Kalsel Berencana Adakan Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Jakarta, mediacenter.kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengadakan kegiatan sosialisasi Pemilu bagi pemilih pemula, termasuk generasi muda, guru, dan tokoh masyarakat. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 13-14 Juni 2011 mendatang di Banjarmasin, Kalsel.

Sekretaris KPU Kalsel, Bambang Setiawan, ketika dikonfirmasi di Banjarmasin mengatakan, kegiatan sosialisasi yang akan dilaksanakan oleh KPU Kalsel nanti berpedoman kepada peraturan KPU tentang Pemilu. “Berdasarkan peraturan itu, KPU Kalsel akan melaksanakan program sosialisasi Pemilu (untuk pemilih pemula) yang meliputi pencanangan (launching) Gerakan Sukses Pemilu di halaman Kantor KPU Kalsel, dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa instansi dan media seperti Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Televisi Republik Indonesia (TVRI) Kalsel, Radio Republik Indonesia (RRI) Banjarmasin,  Banjar TV Banjarmasin, serta Duta TV Banjarmasin (TVB).

Untuk memperluas cakupan kegiatan sosialisasi itu, pihak KPU kalsel juga melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, BUMN, swasta, organisasi kemasyarakatan (ormas), kepemudaan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta organisasi sosial dan kewanitaan. Masing-masing elemen masyarakat tersebut nantinya akan diberikan kesempatan untuk mengisi kegiatan sosialisasi dalam forum pertemuan, atau kegiatan lain yang dilaksanakan oleh masing-masing instansi. Dengan keterlibatan yang intens seperti itu, proses pemahaman tentang Pemilu diharapkan dapat tersampaikan secara berantai kepada seluruh lapisan masyarakat. “Kegiatan itu akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan,” janji Bambang.

Selain kebijakan dan peraturan yang telah dibuat oleh KPU RI dalam rangka sosialisasi, KPU Kalsel juga membuat kebijakan dengan merangkul pihak ketiga untuk melakukan sosialisasi kepada para pemilih, misalnya dinas, instansi, pengusaha, kalangan perbankan dan pihak sekolah atau perguruan tinggi. Cara yang ditempuh di antaranya dengan pembuatan spanduk, poster, dan leaflet mengenai sosialisasi pemilu, bersamaan dengan materi iklan yang dibuat oleh mereka. Misalnya, leaflet produk perbankan yang didalamnya berisi ajakan memilih dan informasi hari pemungutan suara.

Cara lain yang ditempuh adalah dengan simulasi, kerja    sama dengan lembaga penyiaran dan penerbitan untuk membuat materi iklan sosialisasi. “Media cetak akan kami ajak untuk membuat rubrik atau kolom khusus Pemilu, yang di dalamnya terdapat iklan layanan masyarakat tentang Pemilu, serta mengajak Parpol peserta Pemilu untuk mengintensifkan kegiatan sosialisasi dengan mengikutsertakan materi sosialisasi dari KPU,” kata Bambang. (dm/red)
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum