MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pemilu dan Pemilukada

DiY
KPU Provinsi DIY Gelar Seminar dengan KPU Kab/Kota se-Provinsi Yogyakarta di Hotel Saphir Yogya (foto: tdy;hupmas)

Jakarta, mediacenter.kpu.go.id –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (19/05) bertempat di Hotel Saphir Yogyakarta, menyelenggarakan kegiatan “Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada” dengan topik bahasan “Pelibatan Stakeholder di luar Penyelenggara Pemilu dalam Pelaksanaan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih”.

Ketua KPU Provinsi D.I. Yogyakarta Any Rohyati, SE, MM. mengatakan pada sambutannya “Dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada peran serta masyarakat merupakan salah satu ukuran keberhasilan Pemilu, salah satu tolok ukur untuk melihat tingkat keterlibatan masyarakat dalam Pemilu adalah dengan melihat tingkat kehadiran pemilih di TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada hari H pemungutan suara. Dalam beberapa kali Pemilu terakhir di Provinsi DIY ditemukan fakta bahwa telah terjadi penurunan menggunakan hak pilihnya”

Pada kesempatan Seminar ini sebagai Narasumber adalah Anggota KPU Dra. Endang Sulastri dan para peserta berasal dari Komisi Pemilihan Umum  Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota se-provinsi D.I Yogyakarta serta instansi terkait.

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Dra. Endang Sulastri, M.Si mengatakan untuk mendorong peningkatan peran serta masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada diperlukan grand design dan strategi yang dapat dipakai oleh pihak terkait, “pihak-pihak yang diharapkan dapat mengambil peran dalam upaya peningkatan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu antara lain seluruh jajaran staf Sekretariat KPU Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh provinsi DIY dan seluruh stake holder penyelenggara pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilu diluar penyelenggara Pemilu seperti Perguruan Tinggi, Aktivis Mahasiswa, LSM, Ormas, Media Massa”.

“untuk itu KPU selaku penyelenggara Pemilu harus memiliki perhatian yang cukup besar terhadap upaya pencapaian tingginya tingkat partisipasi pemilih dalam pemungutan suara, serta intensitas peran serta masyarakat dalam seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu”. Ujar Anggota KPU Provinsi DIY (Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat) Drs. Mohammad Najib, M.Si

Dalam acara seminar sesi terakhir tersebut juga dibuat beberapa kelompok untuk merumuskan Strategis KPU Kabupaten/Kota dalam Peningkatan keterlibatan masyarakat dalam Pemilu. (tdy/red)

 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum