MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Lomba Cerdas Cermat Pemilu Dan Demokrasi Tingkat SLTA Se-Kabupaten Kuningan

Cerdas_Cermat
Anggota KPU Endang sulastri memonitoring pelaksanaan Final Lomba Cerdas Cermat Pemilu yang diselengggarakan KPU Kab. Kuningan (foto; ibn:hupmas)
Jakarta, mediacenter.kpu.go.id-
Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang diwakili oeh Anggota KPU, Endang Sulastri, melakukan monitoring terhadap pelaksanaan babak final Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang dilaksanakan KPU Kabupaten Kuningan Jawa Barat pada tanggal 30 April 2011 di gedung DPD KNPI Kabupaten Kuningan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk  lebih meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu dan pemilukada di daerah. Kegiatan ini menjadi salah satu program yang cukup unik dan kreatif. Menurut Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Endun Abdul Haq, awalnya LCC ini diikuti oleh 67 sekolah yang mengikuti seleksi tertulis di sekolah masing-masing, kemudian terjaring 15 sekolah  yang mengikuti babak penyisihan di 5 (lima) tempat .Sekolah-sekolah yang menjadi pemenang dari 5 tempat ini lolos ke babak final, yaitu SMAN I Kuningan, SMKN 2 Kuningan, MAN Ciawi Bebang, MA Khusnul Khatimah dan SMKN Luragung.

Dalam sambutannya Endang Sulastri mengatakan, “suksesnya pemilu tidak hanya tergantung dari penyelenggaranya saja tetapi para pemilih terutama pemilih pemula,di Kabupaten Kuningan ada sekitar 30% pemilih pemula yang akan mengikuti pemilukada 2013 di Kabupaten Kuningan, para peserta yang mengikuti lomba cerdas cermat ini diharapkan akan menjadi duta pemilu di masa yang akan datang, harapan saya lomba ini tidak hanya bisa diselenggarakan di kabupaten tetapi di tingkat provinsi bahkan di tingkat nasional juga bisa diselenggarakan”, ujarnya.

Pada kegiatan yang sama, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Ferry juga mengatakan pemilu tidak kita maknai sebagai rutinitas tahunan saja, tetapi menjadi bagian dari aktualisasi kehidupan bangsa dan negara. Peserta yang mengikuti lomba cerdas cermat ini tidak hanya menjadi duta pemilu di Kabupaten Kuningan saja tetapi di Provinsi Jawa Barat untuk pemilukada Gubernur/wakil Gubernur Jawa Barat.

“Kegiatan lomba cerdas-cermat ini adalah bagian dari sosialisasi pendidikan pemilih dari program KPU secara nasional, dengan harapan ke depannya seluruh peserta yang mengikuti lomba ini akan menjadi duta-duta pemilukada Kabupaten Kuningan mendatang,” ujar Endun Abdul Haq menutup kegiatan. (rn/ibn/red)




 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum