MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

Sosialisasi Pemilukada Provinsi Banten Tahun 2011

Jakarta, mediacenter.kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang,  Selasa (5/4), melakukan sosialisasi kepemiluan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Pandeglang, Banten. Sosialisasi ini berkaitan dengan akan diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten pada Oktober 2011 mendatang. Kegiatan dengan tema “Strategi dan Teknis Peningkatan Partisipasi Masyarakat dam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur” itu diikuti oleh 120 orang yang merupakan Kepala SKPD dan para camat se-Kabupaten Pandeglang.

Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi, yang baru saja dilantik pada 10 Maret lalu, membuka acara yang digelar di Gedung Negara Pendopo Kabupaten Pandeglang, dilanjutkan pemaparan materi Tahapan dan Program Pemilukada Provinsi Banten oleh Anggota KPU Provinsi banten.

Anggota KPU, Endang Sulastri, pada kesempatan tersebut tampil sebagai pembicara, menyampaikan materi “Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai Pendidikan Pemilih untuk Penguatan Demokratisasi”. Menurutnya, ada 3 (tiga) hal penting yang menjadi kunci sukses penyelenggaraan Pemilu/Pemilukada (Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah), yaitu, proses penyelenggaraan, regulasi (peraturan perundang-undangan), dan penegakan hukum. Untuk menuju Pemilu/Pemilukada yang partisipatif (tingkat partisipasi masyarakat tinggi-red), diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, seperti Pemerintah, Organisasi Massa (Ormas), KPU, dan Partai Poltik.

“Untuk itu, perlu diadakan evaluasi terhadap tingkat partisipasi masyarakat bersama stake holder. Dengan begitu, kita dapat menginventarisasi permasalahan yang muncul dalam peningkatan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu/Pemilukada. PNS (Pegawai Negeri Sipil) juga harus menjaga netralitasnya,” ujar Anggota KPU Divisi Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat ini. (dd/TP)



 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum