MEDIA CENTER KOMISI PEMILIHAN UMUM
 

KPU Provinsi Sumatera Selatan Bentuk Dewan Kehormatan

DK_I
Sidang DK KPU Prov. Sumsel
Palembang, mediacenter.kpu.go.id-
Pembentukan DK KPU adalah berdasarkan ketentuan Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum yang mengatur bahwa Pemberhentian Keanggotaan KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota harus terlebih dahulu diverifikasi melalui Dewan Kehormatan.

Tujuan pembentukan DK KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk mengklarifikasi pelanggaran administrasi berkaitan dengan pemenuhan persyaratan keanggotaan KPU kepada KPU Kota Pagar Alam, KPU Kabupaten Ogan Ilir dan KPU Kabupaten Banyuasin.

Sidang DK KPU Provinsi Sumatera Selatan tanggal 19 Januari 2011 merekomendasikan pemberhentian ketiga Anggota KPU Kabupaten/Kota Sumatera Selatan, yaitu pertama, Malady, SE (Anggota KPU Kota Pagar Alam), kedua, Nuhasan, S.Ag., M.Ag (Anggota KPU Kabupaten Ogan Ilir) dan, ketiga Ibzani HS, S.Pd (Anggota KPU Kabupaten Banyuasin).

Rekomendasi pemberhentian tersebut berkaitan dengan pelanggaran administrasi karena yang bersangkutan tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai Anggota KPU. Anggota KPU Kabupaten Ogan Ilir (Nuhasan, S.Ag., M.Ag) dan Anggota KPU Kabupaten Banyuasin (Ibzani HS, S.Pd) telah mengundurkan diri karena memilih menjadi CPNS. Sedangkan Malady, SE (Anggota KPU Kota Pagar Alam) telah divonis bersalah oleh pengadilan dengan kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana korupsi.

Sidang DK KPU Provinsi Sumatera Selatan yang berlangsung pada Rabu 19 Januari 2011 pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, merekomendasikan empat hal, yaitu:
  1. Memberhentikan Saudara Malady, SE sebagai Anggota KPU Kota Pagar Alam periodeĀ  2008-2013.
  2. Memberhentikan Saudara Nuhasan, S.Ag., M.Ag sebagai Anggota KPU Kabupaten Ogan Ilir periode 2008-2013.
  3. Memberhentikan Saudara Ibzani HS, S.Pd sebagai Anggota KPU Kabupaten Banyuasin periode 2008-2013.
  4. Meminta KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk menindaklanjuti rekomendasi Dewan Kehormatan KPU Provinsi Sumatera Selatan ini sebagaimana nomor 1, 2 dan 3 dalam bentuk Keputusan KPU Provinsi Sumatera Selatan. (rs/red)
 
KOMISI PEMILIHAN UMUM

Jl. Imam Bonjol No. 29
Jakarta 10310
Tlp. 021-31937223
Fax. 021-3157759

© 2009 Komisi Pemilihan Umum